PT Freeport Indonesia Membangun Lapangan Terbang Perintis di Aroanop

PT Freeport Indonesia Membangun Lapangan Terbang Perintis di Aroanop
Pesawar jenis pilatus Porter saat berangkat dari Lapangan Terbang Perintis Aroanop (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi PT Freeport Indonesia)

jpnn.com, JAYAPURA - PT Freeport Indonesia (PTFI) membangun lapangan terbang perintis di Kampung Aroanop, Kabupaten Mimika, Papua.

Lapangan terbang itu dibangun guna memudahkan akses bagi masyarakat di daerah tersebut. 

Direktur dan EVP Community Affairs PT Freeport Claus Wamafma mengatakan pembangunan lapangan terbang perintis di Kampung Aroanop merupakan bagian program tiga desa yang dilaksanakan sejak 2000 lalu.

Menurut Claus, sebelumnya PTFI juga telah membangun sebuah lapangan terbang di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura, yang dioperasikan pada 2011. "Sejak dimulainya program tiga desa di dataran tinggi pada 2000 kami telah menginvestasikan lebih dari USD 100 juta," kata Claus siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Rabu (3/8). 

Dia menjelaskan melalui proyek tersebut pihaknya menyediakan dana, peralatan, material, transportasi dan tenaga kerja untuk membangun jaringan infrastruktur yang mencakup lebih dari 300 rumah, tiga sekolah dan 10 rumah guru. Kemudian tiga klinik, tiga pasar tradisional, 13 gereja, 21 jembatan hingga dua lapangan terbang perintis. 

“Investasi dalam infrastruktur masyarakat telah memberi manfaat bagi 7.500 masyarakat Amungme yang tinggal di daerah dataran tinggi terpencil di Kabupaten Mimika,” ungkapnya. Sejak 2021, kata dia, PT Freeport Indonesia telah menginvestasikan sebesar USD 2,5 juta untuk melaksanakan program tiga desa.

Baca Juga:

Kepala Kampung Aroanop Deteminus Beanal mengatakan pihaknya mengapresiasi pembangunan lapangan terbang perintis oleh PT Freeport Indonesia yang telah aktif sejak 2017.

Dia mengatakan masyarakat sangat terbantu dengan adanya lapangan terbang perintis. 

PT Freeport Indonesia (PTFI) membangun lapangan terbang perintis di Kampung Aroanop, Kabupaten Mimika, Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News