PTS Minta Tak Dibebani Pajak Lagi

PTS Minta Tak Dibebani Pajak Lagi
PTS Minta Tak Dibebani Pajak Lagi
JAKARTA - Pemerintah diminta untuk tak menarik pajak lagi ke pihak Perguruan Tinggi Swasta (PTS), jika ingin biaya pendidikan murah. Malah, pemerintah disebutkan semestinya memberi bantuan dana kepada PTS, dari jatah 20 persen di APBN.

"Harus jelas aturannya. Kalau PTS itu memang fokus ke komersil, silakan ditarik pajak. Kalau bentuk nirlaba, seharusnya tidak ditarik pajak," kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), Suharyadi, dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi X DPR RI, Senin (19/4).

Rektor Universitas Mercubuana ini mencontohkan misalnya seperti yang ada di negara Rusia, yang menerapkan dua sistem pendidikan. Masing-masing yaitu lembaga yang konsentrasi ke komersil serta yang nirlaba. Yang komersil ditarik pajak, sedangkan yang nirlaba tidak, malah justru diberikan bantuan operasional dalam pendidikannya.

"Kalau di Indonesia lain. Yayasan yang nirlaba tetap ditarik pajak. Padahal, namanya nirlaba itu untuk kemanusiaan, pendidikan, dan bukan komersil," ucapnya.

JAKARTA - Pemerintah diminta untuk tak menarik pajak lagi ke pihak Perguruan Tinggi Swasta (PTS), jika ingin biaya pendidikan murah. Malah, pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News