PU Jamin Jalur Mudik Beres!

PU Jamin Jalur Mudik Beres!
Mulai Padat. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua mulai memadati jalur pantura. Frekuensi kendaraan roda dua yang melintas sudah mencapai 60 motor permenit. foto: yuda sanjaya/radar cirebon
JAKARTA-Pada Lebaran tahun ini, diperkirakan 16,25 juta orang akan pulang ke kampung halaman masing-masing. Akibatnya, arus lalu lintas bakal lebih padat dan lebih sibuk daripada biasanya. Pemerintah melalui Departemen Pekerjaan Umum (PU) pun mengantisipasinya sejak awal tahun lalu. Karena itu, sejumlah infrastruktur jalan sudah dibangun.

”Terutama untuk jalur pantura (pantai utara),” kata Dirjen Bina Marga Departemen PU Hermanto Dardak kemarin. Hermanto menyebut, jalur pantura merupakan jalur utama truk dan kontainer yang menggerakkan 80 persen ekonomi nasional. Tapi, saat Lebaran jalur ini harus juga nyaman bagi pemudik. Untuk itu, dia mengatakan bahwa Departemen PU sudah melakukan berbagai langkah penanganan. Di Bekasi, misalnya, dibangun jalan melingkar dari dua jalur menjadi empat jalur. ”Saat Lebaran sudah berfungsi,” katanya.

Di jalur menuju Karawang terdapat banyak supermarket yang bisa mengganggu lalu lintas. Karena itu, pemerintah membuatkan jalur lambat di depan mal-mal. ”Kami baru menyelesaikan jalur melingkar di Kota Karawang. Panjangnya sekitar 11 kilometer. Ada median (batas tengah) sehingga sepeda motor yang tidak bisa lewat tol bisa lewat by pass ini,” lanjutnya.

Jalan tol, kata Hermanto, juga sudah dilebarkan menjadi tiga lajur sampai kilometer 66. Artinya, jalan tol Cikampek menjadi enam jalur, tiga jalur ke timur dan tiga jalur ke barat. Tahun lalu dari Cikarang sering terjadi antrean karena hanya ada empat jalur. ”Keluar Cikampek ada beberapa penanganan recycling dengan menambah aspal 10-20 sentimeter supaya permukaannya lurus. H-10 sudah selesai,” tambahnya.

JAKARTA-Pada Lebaran tahun ini, diperkirakan 16,25 juta orang akan pulang ke kampung halaman masing-masing. Akibatnya, arus lalu lintas bakal lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News