PU Segera Perbaiki Talut Kali Siantar

PU Segera Perbaiki Talut Kali Siantar
PU Segera Perbaiki Talut Kali Siantar
JAKARTA - Terkait amblasnya talut yang membatasi Kali Siantar, Kelurahaan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, yang mengakibatkan sebagian Jalan Petojo VIJ I turut amblas, Dinas Pekerjaan Umum (PU) langsung melakukan penyelidikan penyebab amblasnya dan langsung melakukan perbaikan sementara, yang akan dilakukan malam ini, Selasa (14/12). Sedangkan perbaikan permanen disebut akan dilakukan oleh kontraktor, setelah diketahui secara pasti penyebab amblasnya talut tersebut.

Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Ery Basworo menerangkan, perbaikan Kali Cideng merupakan satu rangkaian perbaikan dengan crossing Jalan Thamrin, yang saat ini masih terus dikerjakan. Di Kali Cideng sendiri, sedang ada pekerjaan penurapan dan pengerukan, hingga menuju rumah pompa Kali Siantar. "Di rumah pompa Kali Siantar itu sudah ada enam pompa yang mampu menyedot 6 kubik air, dan empat pompa yang mampu menyedot dua kubik air. Kita juga sudah siapkan saringan untuk menarik air dari Thamrin masuk ke Cideng," kata Ery, di kantor Dinas PU DKI Jakarta, Selasa (14/12).

Dijelaskan Ery lagi, dalam pengerjaan penurapan Kali Cideng, di dalamnya termasuk pengerjaan long storage Kali Siantar, untuk menambah volume daya tampung air Kali Siantar. Panjang Kali Siantar sendiri, mulai dari tikungan Kali Cideng hingga ke Rumah Pompa Siantar, adalah sekitar 350 meter. Sedangkat talut yang amblas adalah sepanjang 30 meter, di lokasi depan Jalan Petojo VIJ I. Selama pengerjaan konstruksi long storage Kali Siantar itulah, talut ambrol pada Senin (13/12) dini hari.

Ery pun menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan sementara, peristiwa itu tersebut terjadi karena adanya struktur tanah yang tidak seragam. Artinya katanya, di sekitar talut yang ambrol tersebut, tanahnya kemungkinan besar lunak atau lembek. Sehingga mengakibatkan adanya penurunan tanah yang cukup signifikan, sehingga kemudian talut, sheet pile dan jalan longsor ke arah kali.

JAKARTA - Terkait amblasnya talut yang membatasi Kali Siantar, Kelurahaan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, yang mengakibatkan sebagian Jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News