Puan Bakal Hambat Ganjar? Ingat, Megawati Pernah Mengalah demi Jokowi

Puan Bakal Hambat Ganjar? Ingat, Megawati Pernah Mengalah demi Jokowi
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Paslon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Gelombang I di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/2). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Kawan Ganjar Bersatu Nasional (KGBN) Juliant Palar menyakini Megawati Soekarnoputri akan bersikap realistis dalam menghadapi dinamika politik pada Pilpres 2024.

Juliant memperkirakan ketua umum PDI Perjuangan itu akan memberi jalan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo  maju pada pilpres mendatang.

Keyakinan Juliant itu didasari fakta tentang Megawati memilih mengusung Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2014.

"Megawati mengalah dengan Pak Jokowi karena angka (elektabilitas, red)," kata Juliant usai mendeklarasikan dukungan KGBN untuk  Ganjar Pranowo di Jakarta Selatan, Senin (7/6).

Pernyataan Juliant itu juga untuk mengomentari persaingan antara Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ganjar. Namun, sampai saat ini elektabilitas Ganjar masih jauh di atas putri Megawati tersebut.

Oleh karena itu Juliant mengaku optimistis bahwa Ganjar juga akan memperoleh dukungan dari Megawati.  "Kami berharap 2024 Pak Ganjar tetap leading di elektabilitas," ujarnya.

Juliant menegaskan langkah politik KGBN mendukung Ganjar bukan untuk mendahului PDIP. Menurutnya, KGBN sebagai sukarelawan justru bersikap realistis.

"Kami menghormati ranah partai. Kami sukarelawan bekerja, lebih melihat angka-angka elektabilitas," ucapnya.

KGBN mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo dengan becermin pada realitas politik ketika Megawati memilih mengusung Jokowi di Pilprs 2014.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News