Puan Gelorakan Kembali Pembangunan Karakter Bangsa

Puan Gelorakan Kembali Pembangunan Karakter Bangsa
Puan Maharani. Foto: dok/JPG

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menggelorakan kembali pembangunan karakter bangsa atau nation and character building yang dicetuskan Proklamator Kemerdekaan Bung Karno pada HUT RI 17 Agustus 1966.

"Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bukanlah sekadar kecerdasan dalam hal kepintaran ilmu pengetahuan, melainkan juga kecerdasan dalam pengembangan kebudayaan," kata Puan, saat menjadi keynote speaker pada seminar nasional rangkaian HUT ke-43 PDI Perjuangan bertajuk "Mencerdaskan Kehidupan Bangsa" di kompleks Parlemen, Selasa (26/4).

Acara tersebut juga menghadirkan pembicara antara lain Mendikbud Anies Baswedan, Wakil Ketua Komisi X DPR Utut Adianto dan pengamat pendidikan Indra Charismadji.

"Di dalam UU Sistem Pendidikan Nasional, telah diamanatkan bahwa Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila. Oleh karena itu, perlu lebih dielaborasi kurikulum pendidikan yang memuat Pancasila sebagai landasan dalam membangun karakter bangsa," ujar mantan Ketua Fraksi PDIP DPR itu.

Puan juga sempat menyinggung komitmen pemerintah membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baru, dengan pembangunan infrastruktur pelabuhan, bandara, jalan tol, jalur kereta api, bendungan, atau pembangkit listrik.

"Semua itu memerlukan ketersediaan tenaga kerja terampil. Oleh karena itu, ke depan kita perlu memberikan perhatian dan penguatan yang lebih kepada pendidikan kejuruan, vokasi dan politeknik," tutur mantan Ketua DPP PDIP itu. (fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News