Puji Berbagai Terobosan Pak Ganjar, Ketua IDI Teringat Sosok Jenderal Besar Soedirman

Puji Berbagai Terobosan Pak Ganjar, Ketua IDI Teringat Sosok Jenderal Besar Soedirman
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak pernah kehabisan akal menciptakan terobosan dan inovasi baru untuk melayani masyarakat Jateng. Terutama saat pandemi covid-19.

Terobosan teranyarnya adalah “Rembug Desa” yang melibatkan seluruh lurah/kades dalam penanganan pandemi. Khususnya dalam penanganan varian Delta yang mendapat tanggapan positif.

Sejumlah pihak menilai strategi Ganjar mengajak rembukan untuk memastikan penanganan di level paling bawah berjalan dengan baik ini layak diapresiasi.

Epidemolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Ari Udijono mengatakan Rembug Desa adalah cara Ganjar melibatkan masyarakat terlibat dalam pengendalian Covid-19.

Cara itu dinilai bagus, karena masyarakatlah yang terdampak secara langsung dari pandemi.

"Ini bagus, saya baru dengar ini. Ada lurah/kades yang dilibatkan. Konsepnya kan memang harus melibatkan masyarakat umum. Pemerintah hanya fasilitator saja. Kalau masyarakat tidak terlibat, tentu penanganan tidak berjalan dengan baik," jelasnya.

Apalagi, lanjut dia, program Rembug Desa ini merupakan penguatan dari program berbasis masyarakat yang sebelumnya dibuat, Jogo Tonggo. Menurutnya, program Jogo Tonggo akan semakin bagus dengan penguatan Rembug Desa ini.

"Saya sepakat kalau program ini untk memperkuat Jogo Tonggo. Karena memang, langkah-langkah baik di masyarakat itu sudah berjalan sampai saat ini. Memang harus ada sosok tokoh yang jadi panutan, bahwa ini lho kita harus berjalan bersama-sama melawan pandemi. Sebab kalau tidak, kita tidak akan bisa," tegasnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jateng, Djoko Handojo mengibaratkan Gubernur Ganjar Pranowo seperti Jenderal Soedirman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News