Rabu, 24 Juli 2019 – 02:53 WIB

Pujian Bang Emrus untuk Kesuksesan Reuni Akbar 212 di Monas

Senin, 03 Desember 2018 – 12:51 WIB
Pujian Bang Emrus untuk Kesuksesan Reuni Akbar 212 di Monas - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing menilai Reuni Akbar 212 yang digelar Minggu (2/12) bisa menjadi contoh atau role model. Sebab aksi yang dihadiri massa dalam jumlah besar itu berlangsung aman, tertib dan teratur.

"Kesimpulan sementara yang bisa saya tarik, pelaksanaan Reuni 212 sangat baik," kata Emrus, Senin (3/12).

Direktur EmrusCorner itu menyebut Reuni Akbar 212 dikelola secara baik. Menurutnya, hal itu tak terlepas dari kerja sama yang sangat produktif antara panitia dengan berbagai pihak, terutama aparat kepolisian, pemerintah daerah dan media massa.

"Jadi, setidaknya ada empat unsur penting sehingga pelaksanaan Reuni 212 berjalan lancar yaitu pantia, aparat keamanan, pemerintah daerah dan media massa," paparnya.

Menurut Emrus, keempat unsur tersebut telah melakukan relasi kesetaraaan, kebersamaan, saling memahami serta menghormati tugas pokok dan fungsi antara satu dengan lain. Dengan demikian tidak terjadi semacam ego sektoral yang tidak penting di antara mereka.


Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN

Karena itu, Emrus berpendapat, pelaksanaan Reuni 212 ini sangat pantas menjadi role model ke depan ketika sekelompok masyarakat terutama dalam jumlah besar menggelar pertemuan di ruang terbuka. "Termasuk  dalam penyampaian aspirasi kepada pemerintah maupun kepada lembaga legislatif," ujarnya.

Doktor ilmu komunikasi politik itu menyarankan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), para aktor politik, partai politik, panitia Reuni 212 dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara bersama-sama membentuk tim pengkajian. Tujuannya mempelajari secara mendalam dan holistik tentang proses perencanaan dan pelaksanaan Reuni 212.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar