Pulihkan Ekonomi, Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Lewat IMT-GT

Jumat, 27 November 2020 – 18:20 WIB
Pulihkan Ekonomi, Indonesia Dorong Penguatan Kerja Sama Lewat IMT-GT - JPNN.com
Mendag Agus Suparmanto. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, BALI - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memimpin pertemuan Tingkat Menteri ke-26 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT), yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (26/11) dari Nusa Dua, Bali.

Pertemuan tersebut diikuti oleh Perdana Menteri Malaysia, Menteri Keuangan Thailand, Wakil Presiden Asian Development Bank, dan Sekretaris Jenderal Sekretariat ASEAN.

Turut hadir secara virtual yaitu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, serta Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Rizal Affandi Lukman.

“Pertemuan hari ini menunjukkan pentingnya kerja sama kawasan subregional dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul akibat pandemi Covid-19. Kawasan ini merupakan para tetangga terdekat kita dan berbatasan langsung dengan Sumatera,” tutur Mendag Agus dalam sambutannya.

Di tengah situasi pandemi ini, ketiga negara tetap berkomitmen untuk melaksanaan berbagai program kerja sama yang telah dicanangkan bersama dan tertuang dalam dokumen Cetak Biru IMT-GT 2017-2021.

Hal ini untuk mencapai visi IMT-GT 2036 dalam menjadikan kawasan yang terintegrasi, inovatif, inklusif, dan berkelanjutan.

Berbagai kemajuan proyek-proyek konektivitas, kerja sama fasilitasi perdagangan dan investasi, serta kerja sama di sektor lainnya dilaporkan Deputi Rizal selaku Ketua Senior Officials IMT-GT tahun ini.

Salah satu bentuk penguatan konektivitas di kawasan adalah penyelesaian jalan tol rute Pekanbaru-Dumai yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020 lalu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...