Pulihkan Trauma, 17 PRT Dipindah ke Rumah Perlindungan

Pulihkan Trauma, 17 PRT Dipindah ke Rumah Perlindungan
Pulihkan Trauma, 17 PRT Dipindah ke Rumah Perlindungan

jpnn.com - JAKARTA - Para PRT perempuan yang bekerja di rumah Brigjen (purn) Mangisi Situmorang (MS) mulai kemarin diasramakan.

Sebanyak 17 PRT dan seorang bayi yang sebelumnya ditampung di Mapolresta Bogor kini ditempatkan di sebuah rumah perlindungan milik Kementerian Sosial. Di sana, mereka akan menjalani pemulihan trauma.
      
Kabidhumas Polda Jabar Kombes Martinus Sitompul mengatakan, lokasi rumah perlindungan trauma centre itu berada di Cipayung, Jakarta Timur. Tujuannya untuk memudahkan penanganan belasan PRT itu sebagai saksi dalam kasus dugaan penyekapan dan penganiayaan.
      
"Mereka ditempatkan di sana per hari ini sampai dengan waktu yang belum ditentukan," ujarnya melalui pesan singkat kepada Jawa Pos kemarin.

Sebab, kasus itu masih dalam proses penyelidikan Polresta Bogor dan keterangan mereka sebagai saksi masih dibutuhkan. Hingga saat ini juga belum ada penetapan tersangka.
      
Menurut Martinus, di rumah perlindungan tersebut para PRT akan mendapatkan sejumlah pelayanan untuk memulihkan trauma. Mulai dari konseling, trauma healing, hingga pemantauan kondisi psikologis. "Mereka juga mendapat pelayanan pangan dan pemantauan kesehatan," lanjutnya.
      
Saat masih ditampung di Mapolresta Bogor, para PRT itu ditangani langsung oleh tim psikologi Mabes Polri. Mereka menjalani pemulihan trauma agar siap untuk memberikan keterangan sebagai saksi dalam kasus tersebut. Namun, dengan beberapa pertimbangan, mereka akhirnya dipindahkan ke rumah perlindungan.
      
Informasi yang diperoleh Jawa Pos, di rumah perlindungan tersebut para PRT itu juga akan mendapatkan pelatihan kerja. Mereka dibekali keterampilan dalam hal menjahit, memasak, dan sejumlah keahlian lain. Nantinya setelah keluar dari rumah perlindungan tersebut mereka juga akan diberikan sertifikat resmi.
      
Jika sewaktu-waktu penyidik Polresta Bogor membutuhkan keterangan, para PRT itu akan diantar ke Mapolres. Martinus menambahkan, saat ini yang terpenting bagi mereka adalah memulihkan kondisi psikis di rumah perlindungan. Dengan demikian, saat dimintai keterangan nanti kondisi mereka diharapkan lebih baik. (byu)


JAKARTA - Para PRT perempuan yang bekerja di rumah Brigjen (purn) Mangisi Situmorang (MS) mulai kemarin diasramakan. Sebanyak 17 PRT dan seorang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News