Pulpen Multifungsi Karya Siswa SD

Pulpen Multifungsi Karya Siswa SD
Clarissa Cynthia Josephine Setiadi menunjukkan karyanya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Meski terlihat sederhana, namun alat temuan Clarissa Cynthia Josephine Setiadi berupa Corpenser atau singkatan dari correction tape, pen, pencil, and eraser itu sangat luar biasa. Bahkan, berhasil meraih emas dalam ajang International Young Inventors Award (IYIA) 2018. Alat tersebut merupakan alat untuk menulis sekaligus menghapus yang bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Ajang bergengsi yang diselenggarakan pada 19-22 September lalu di Bali itu diikuti 15 negara dengan peserta berusia 8-30 tahun. Kompetisi tersebut berbentuk pameran. Juri yang akan mendatangi booth setiap peserta. Total, ada 304 karya yang bersaing untuk mendapatkan emas, perak, dan perunggu. "Pokoknya campur semua dari anak SD sampai mahasiswa. Individu maupun kelompok juga bersaing menjadi satu," ungkapnya saat ditemui di Krya.id di daerah Kupang Jaya, Sukomanunggal, kemarin.

Cynthia ternyata masih duduk di bangku kelas VI di SD Kristen Dharma Mulya. Namun, ide yang dimiliki cukup kuat untuk membuatnya mendapat penghargaan lain yang diberikan secara acak dari Hong Kong International Student Innovative Invention Contest (HKISIIC) saat pameran berlangsung. 

Dalam ajang tersebut, para peserta memang dituntut peka terhadap lingkungannya dan menciptakan suatu inovasi untuk bisa meringankan masalah. Bocah kelahiran Surabaya, 21 april 2006 itu menemukan ide dari masalah yang sering dirinya temui sehari-hari. "Pas itu karena suka susah nyari correction tape di tempat pensil. Jadi, kenapa nggak dibuat gabung saja sama penanya," ceritanya. 

Namun, di sini dia membuat perlengkapan itu tetap bisa dibongkar pasang. Ukurannya juga dibuat lebih kecil agar praktis. Untuk proses yang paling susah, dia mengaku saat membuat alat untuk menulis serta menghapus itu agar bisa pas dan tidak longgar ketika dipasang. (ama/c20/any) 


Dalam ajang tersebut, para peserta memang dituntut peka terhadap lingkungannya dan menciptakan suatu inovasi untuk bisa meringankan masalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News