Rabu, 21 Februari 2018 – 16:04 WIB

Sip! Ada Taman Serasi di Tabanan untuk Pangkas Birokrasi

Rabu, 07 Februari 2018 – 23:13 WIB
Sip! Ada Taman Serasi di Tabanan untuk Pangkas Birokrasi - JPNN.COM

jpnn.com, TABANAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan punya inovasi baru. Namanya Taman Serasi yang bertujuan memangkas birokrasi di level kecamatan.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meluncurkan Taman Serasi di kantor Kecamatan Kerambitan, Rabu (7/2). Eka mengklaim Taman Serasi merupakan pelayanan publik terintegrasi digital pertama di Indonesia.

Menurut Eka, program itu berawal dari kompetisi inovasi antar-kecamatan (INTAN) di Tabanan. Kecamatan Kerambitan menjadi juara karena mengusung program Taman Serasi.

“Saya sangat bangga karena program ini adalah yang pertama dan murni dari hasil pemikirian masyarakat Tabanan sendiri,” ujar Eka saat menyampaikan kata sambutan.

Dengan adanya Taman Serasi yang menyediakan layanan satu pintu, masyarakat pun akan mudah mengurus administrasi di tingkat kecamatan. Layanan yang disediakan antara lain administrasi kependudukan, perizinan, hingga surat keterangan bagi pelaku usaha mikro.

Bahkan, Taman Serasi juga menyediakan layanan untuk pengurusan surat keterangan tidak mampu (SKTM), surat keterangan kematian, surat pindah antar-kecamatan, perekaman, perubahan, dan pencetakan KTP serta perubahan data dan cetak kartu keluarga.

Lebih lanjut Eka menjelaskan, Taman Serasi merupakan adaptasi sitem kerja perbankan. Bupati perempuan pertama di Bali itu mengibaratkan Taman Serasi seperti mesin ATM dari layanan bank.

“Prinsip kerjanya seperti ATM Bank, jadi kita melakukan transaksi secara mandiri dengan mesin. Kebutuhan yang kita perlukan langsung dimasukan layaknya transaksi di ATM dan sistem akan memproses permintaan,” tuturnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar