Puluhan Kapal Perang Meriahkan Hari Nusantara

Puluhan Kapal Perang Meriahkan Hari Nusantara
Tampak Kapal Perang TNI Angkatan Laut telah berada di perairan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rangka mendukung dan berpartisipasi memeriahkan peringatan puncak Hari Nusantara tahun 2016 yang akan digelar di Lewoleba, Lembata, NTT pada tanggal 13 Desember 2016. FOTO: Dok. Dispenal

jpnn.com - LEWOLEBA - Puluhan Kapal Perang TNI Angkatan Laut telah berada di perairan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran kapal perang tersebut dalam rangka mendukung dan berpartisipasi memeriahkan peringatan puncak Hari Nusantara tahun 2016 yang akan digelar di Lewoleba, Lembata, NTT pada tanggal 13 Desember 2016.

Dalam peringatan Hari Nusantara ini, TNI Angkatan Laut mengerahkan beberapa Kapal Perang (KRI) dan pesawat udara berupa Casa dan Heli jenis Bell. Kapal perang yang terlibat pada acara ini antara lain kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) KRI Surabaya-591 dan KRI Makasar-590, Kapal perang jenis Parchim yaitu KRI Hasan Basri-382, kapal perang jenis Fast Patrol Boat (FPB) KRI Kerapu-812.

Selain itu, kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Sura-802, KRI Singa-651 dan KRI Terapang-648, kapal perang jenis BCM KRI Arun-903, Kapal latih taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) KRI Dewaruci dan KRI Arsa serta Kapal Angkatan Laut (KAL) Kembang dan KAL Balibo.

Dalam peringatan puncak Hari Nusantara ini TNI Angkatan laut berpartisipasi mendukung beberapa kegiatan. Di antaranya olahraga bahari yaitu lomba renang laut dan lomba dayung perahu tradisional, kegiatan expo berupa pameran pendidikan dan alutsista serta parade, demo dan sailing pass.

Menurut Kasubdis Penum Dispenal, Kolonel Laut (KH) Heddy Sakti A, selain mendukung kegiatan utama acara peringatan, kapal-kapal perang yang sandar di pelabuhan ini juga akan menyelenggarakan kegiatan open ship. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan keberadaan alutsista TNI AL kepada masyarakat Kabupaten Lembata dan sekitarnya serta memupuk jiwa kebaharian kepada generasi muda.(fri/jpnn)


LEWOLEBA - Puluhan Kapal Perang TNI Angkatan Laut telah berada di perairan Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kehadiran kapal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News