Puluhan Pasar Tradisional Mengenaskan

Dari 97 yang Rusak, Baru 13 yang Direvitalisasi

Puluhan Pasar Tradisional Mengenaskan
Puluhan Pasar Tradisional Mengenaskan
JAKARTA - Sedikitnya terdapat 97 pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya yang masuk kategori rusak. Data itu hasil inventarisasi PD Pasar Jaya. Namun hingga kini, hanya ada 13 pasar yang pasar diremajakan. Di antaranya, Pasar Rawabening, Pasar Bojong Indah, dan Pasar Ganefo. Salah satu kendala peremajaan pasar terkait sikap para pedagang.

"Kendala dari pedagang itu akhirnya meluas menjadi aksi protes yang berlebihan," ujar Asisten Manajer Divisi Humas PD Jaya Yohanes Daramondisi, kemarin (31/5).

Sebagai antisipasi, PD Pasar Jaya selalu melakukan pendekatan persuasif dengan para pedagang. "Harus diakui, ketika sebuah pasar akan diremajakan, suara pro dan kontra kerap muncul," ungkapnya.

Pro dan kontra terjadi pada saat peremajaan Pasar Koja Baru, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, pada 2008 silam. Ketika itu terdapat dua kubu, yang pro dan kontra atas rencana peremajaan Pasar Koja Baru. Ketika itu pihak PD Jaya mengubah dari bangunan lama yang hanya satu lantai, menjadi dua lantai dengan kapasitas 1.131 tempat usaha yang terdiri atas 609 kios, 10 unit big shop di lantai dasar serta 148 los, 349  los, dan 15 big shop di lantai satu. Pasar Koja Baru direncanakan selesai tahun ini.

JAKARTA - Sedikitnya terdapat 97 pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya yang masuk kategori rusak. Data itu hasil inventarisasi PD Pasar Jaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News