Puluhan Ribu VCD Bajakan Disita

Puluhan Ribu VCD Bajakan Disita
Puluhan Ribu VCD Bajakan Disita
JAKARTA - PULUHAN ribu VCD dan DVD bajakan disita petugas dalam razia dari empat toko di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, kemarin. Razia itu melibatkan Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Haki) Kementerian Hukum dan HAM, dan Asosiasi Industri Video Indonesia.

”Razia dilakukan karena banyaknya pengaduan dari masyarakat. Setelah itu, kita lakukan survei selama seminggu di toko-toko yang menjual VCD dan DVD bajakan. Salah satunya di Plaza Semanggi,” ujar Direktur penyidikan Ditjen Pelanggaran bidang Haki, Faturrahman, di lokasi penggerebekan.

Menurut dia, semua VCD dan DVD yang ada di toko Video Games di lantai II, salah satu dari empat toko yang digrebek di Plaza Semanggi adalah bajakan. ”80 persen bajakan. Karena dari VCD dan DVD yang dijual tidak memiliki kode atau serial numbernya,” terangnya.

Dia mengatakan, pemilik toko bisa dikenakan tindak pidana memperdagangkan dan memperbanyak barang ilegal. ”Nanti akan diperiksa pemilik tokonya. Sehingga bisa didapat siapa pihak yang memasok barang bajakan itu,” imbuhnya.

JAKARTA - PULUHAN ribu VCD dan DVD bajakan disita petugas dalam razia dari empat toko di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, kemarin. Razia itu melibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News