Puluhan Rumah di Gunungsitoli Rusak Akibat Tersapu Angin Puting Beliung

Puluhan Rumah di Gunungsitoli Rusak Akibat Tersapu Angin Puting Beliung
Sejumlah warga berada di sekitar rumah-rumah yang rusak akibat angin kencang di Kota Gunungsitoli, Rabu dini hari. ANTARA/Irwanto

jpnn.com, GUNUNGSITOLI - Angin puting beliung meluluhlantakkan puluhan rumah warga di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara pada Rabu (19/2) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan dan melalukan koordinasi untuk menentukan apakah bencana yang terjadi dapat dikategorikan sebagai bencana daerah," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, Kasieli Zega di Gunungsitoli, Rabu.

Ia mengatakan penentuan bencana sebagai bencana daerah dilakukan untuk bisa memberikan bantuan lebih baik kepada para korban sesuai kriteria kerusakan yang terjadi.

"Saat ini kami bisa memberikan bantuan, tetapi jumlahnya tidak memadai, sehingga kami harus berkoordinasi untuk menentukan bencana yang terjadi sebagai bencana daerah," katanya.

Camat Gunungsitoli Mario Zebua mengatakan ada empat desa di wilayah itu yang terkena dampak puting beliung.

Desa yang kena dampak dan rumah warga setempat yang rusak di Desa Moawo, Saewe, Hilihao, dan Kelurahan Ilir.

"Saat ini kami masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak dan warga yang terluka akibat dampak angin puting beliung," kata dia.

Sesuai data sementara dari Camat Gunungsitoli, rumah yang rusak di Kelurahan Ilir tiga unit, Desa Moawo (32), Desa Saewe (20), dan Desa Hilihao (10).

Angin puting beliung meluluhlantakkan puluhan rumah warga di Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara pada Rabu (19/2) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News