Puncak Bogor Dikepung Sampah Tahun Baru

Puncak Bogor Dikepung Sampah Tahun Baru
Petugas UPT Kebersihan Wilayah II Ciawi mengangkut sampah ke truk. Pascamalam pergantian Tahun Baru, volume sampah meningkat di kawasan tersebut. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, BOGOR - Perayaan Tahun Baru di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, menyisakan sampah. Sampah-sampah tersebut didominasi plastik, bungkus makanan ringan, dan botol minuman kemasan.

27 truk sampah dikerahkan untuk mengangkut 162 kubik sampah yang berada di pinggir jalan.

“Kami siapkan 22 armada truk sampah. Ditambah mobil siaga sebanyak lima truk untuk mengangkut sampah Tahun Baru. Masing-masing truk memiliki kapasitas enam kubik,” ujar Kepala UPT Kebersihan Wilayah II Ciawi Sopian kepada Radar Bogor, Rabu (1/1).

Ia menuturkan, sampah-sampah tersebut berasal dari hotel, vila, home stay, sampah rumah tangga dan juga sebagian besar sampah yang berasal dari wisatwaan. “Termasuk sampah yang berada di saluran air,” paparnya.

Sementara itu, untuk petugas penyapu jalan, UPT DLH wilayah Ciawi menurunkan 25 petugas. “Kami masuk. Tidak libur,” tuturnya.

Sedangkan untuk pengangkutan sampah perayaan Tahun Baru 2020 dilakukan pada malam hari. Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu arus lalu lintas Jalur Puncak.

“Pekerjaannya kami lakukan malam hari, agar pelaksanaan pengangkutannya tidak mengganggu rekayasa lalu lintas,” katanya. (all/c)

162 kubik sampah diangkut petugas kebersihan dari kawasan Puncak Bogor pada saat libur Tahun Baru.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News