Senin, 11 Desember 2017 – 14:47 WIB

Puncak Hakteknas 22, Wapres Luncurkan Roket Air

Kamis, 10 Agustus 2017 – 13:15 WIB
Puncak Hakteknas 22, Wapres Luncurkan Roket Air - JPNN.COM

jpnn.com, MAKASSAR - Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 tahun 2017 di Kota Makassar menjadi istimewa. Pasalnya selama 21 tahun, pelaksanaannya selalu di Pulau Jawa. Dan, ini kali pertamanya Hakteknas diselenggarakan di Makassar ditandai dengan peluncuran roket air dari Kapal Phinisi oleh Wapres Jusuf Kalla.

“Hakteknas bukan hanya ceremony tapi juga menjaga terus semangat berinovasi," ujar Wapres dalam sambutannya, Kamis (10/8).

Menristekdikti Mohamad Nasir dalam laporannya mengatakan tema Hakteknas ke-22 tahun 2017, adalah “Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan,” dengan sub tema: “Peran Sumberdaya Manusia dan Inovasi dalam Pembangunan Maritim Indonesia.”

Tema ini sejalan dengan misi Pembangunan Jangka Panjang Nasional, yakni: “Mewujudkan Indonesia Menjadi Negara Maritim yang Mandiri, Maju, Kuat dan Berbasiskan Kepentingan Nasional.”

Pemilihan tema ini menurut Nasir adalah upaya mendorong terwujudnya visi pembangunan poros maritim dunia yang dicanangkan Presiden RI dan merupakan cita-cita besar terhadap penegakan kedaulatan ekonomi, pertahanan dan keamanan wilayah NKRI.

Dia menjelaskan, pemilihan Kota Makassar sebagai puncak Hakteknas karena Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. "Pelabuhan Makassar adalah pintu gerbang pelayaran terpadat di Indonesia Timur, memiliki pelabuhan perikanan rakyat terbesar dan dinamika pembangunan pesisir yang tinggi," terangnya.

Hakteknas ke-22 diselenggarakan sebagai wujud apresiasi atas keberhasilan dan prestasi anak bangsa yang membanggakan di bidang iptek dengan lahirnya berbagai produk inovasi teknologi yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Menteri Nasir menuturkan, peringatan Hakteknas ke-22 tahun ini, dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, antara lain: 1) Bakti Teknologi (tanam dan panen serentak varietas unggul padi “Sidenuk” (BATAN) dengan teknologi IPAT-BO di 24 Kab/kota se-Sulawesi Selatan; penyerahan dan pemasangan kaki palsu 30 unit; penyerahan konverter kit bagi para nelayan); 2) Ritech Expo (eksebisi produk teknologi dan inovasi unggulan dari perguruan tinggi/lembaga litbang, dunia usaha/industri dan penggiat iptek dan inovasi lainnya.

SHARES
loading...
loading...
Komentar