Pura-pura Baik, Kaya..Ternyata Nenek Seorang Penipu Ulung

Pura-pura Baik, Kaya..Ternyata Nenek Seorang Penipu Ulung
Ilustrasi: pixabay

jpnn.com - SORONG - Siti Sadiah, warga Komplek Harapan Indah Kota Sorong, Papua Barat menjadi korban penipuan seorang nenek yang berpura-pura menjadi orang kaya yang sedang mencari modal. 

Akibat aksi si nenek, uang sebesar Rp 25 juta beserta kamera DSLR dan smartphone milik Siti, lenyap.

Menurut keterangan Siti kepada Radar Sorong, dia sudah mengenal pelaku selama tujuh bulan. Awal perkenalan ia bertemu sang nenek di kapal pada Januari 2016. Menurut keterangan pelaku yang biasa dipanggil dengan sebutan Nenek Tata itu, ia hendak ke rumah kakaknya di Manokwari.

“Jadi kami sama-sama dari Jawa, dan selama di kapal itu dia orangnya baik,” kata Siti Sadiah di Polres Sorong Kota, Rabu (27/7) lalu.

Sejak awal perkenalan, ia dan pelaku menjalin komunikasi yang baik. Hingga pada Juli 2016, pelaku mengatakan ia hendak berkunjung ke rumah Siti untuk bersilaturahmi. Tiba di rumah Siti pada 9 Juli 2016, pelaku bertingkah hangat layaknya kerabat. Ia juga berpenampilan mewah dengan perhiasan yang menghiasi tangan dan menggelantung di leher.

Sehari-hari ia membantu Siti membersihkan dan merapikan rumah. Pelaku juga rajin berbelanja kebutuhan rumah tangga Siti. Kepada anak Siti, pelaku juga kerap memberikan sejumlah uang untuk sekedar membeli jajanan.

Kepada Siti, pelaku menga­takan bahwa ia hendak mencari pekerjaan di Kota Sorong sembari menunggu waktu kepulangannya di Jawa. Namun, beberapa tawaran kerja dari Siti ditolak pelaku, dengan alasan tak cocok dengannya.

Kepada Siti dan suami, pelaku menceritakan rencananya untuk mendirikan usaha di Kota Sorong. Ia lalu mengajak suami korban untuk bekerjasama dengannya. Hingga pada pertengahan Juli, pelaku mengatakan ia hendak menjual sejumlah tanahnya yang ada di Jawa. Tanah tersebut senilai Rp 200 juta. Namun, kepada Siti pelaku mengaku hanya memiliki uang Rp 175 juta.

SORONG - Siti Sadiah, warga Komplek Harapan Indah Kota Sorong, Papua Barat menjadi korban penipuan seorang nenek yang berpura-pura menjadi orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News