JPNN.com

Puslabfor: Bom Rakitan Abdul Basith Berdaya Ledak Tinggi, Capai Radius 30 Meter

Sabtu, 19 Oktober 2019 – 05:04 WIB Puslabfor: Bom Rakitan Abdul Basith Berdaya Ledak Tinggi, Capai Radius 30 Meter - JPNN.com
Bom rakitan yang disita polisi dari tangan Abdul Basith dan komplotannya. Foto: ANTARA/Fianda Rassat

jpnn.com, JAKARTA - Puslabfor Polri menyebut bom rakitan yang disiapkan oknum dosen nonaktif Institut Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith di kawasan Tangerang mempunyai radius ledak hingga 30 meter.

"Diuji coba diledakkan di Markas Brimob, kerusakannya cukup kuat, bisa jarak 30 meter," kata Kepala Urusan (Kaur) Peledak Puslabfor Mabes Polri Kompol Heri Yandi di Polda Metro Jaya, Jumat.

Yandi menjelaskan bahwa bom rakitan itu dibuat menggunakan botol kaca yang diisi dengan serbuk peledak, merica, lalu dibalut dengan paku.

Baca juga: Terdapat puluhan bom rakitan di rumah terduga teroris di Sibolga

Penggunaan merica dalam bom tersebut dimaksudkan untuk menimbulkan iritasi mata orang-orang yang berada di sekitar lokasi ledakan

"Merica sifatnya pedas dengan harapan asapnya bisa melukai mata. Ada juga paku yang dililit di luar wadah botol, dilakban, dan kalau meledak bisa melukai orang di sekitar kejadian," ungkap Yandi.

Berita sebelumnya, Abdul Basith dan komplotannya berusaha menggagalkan Upacara Pelantikan Presiden yang akan digelar pada tanggal 20 Oktober dengan menebar teror dan kerusuhan.

Baca juga: Lantamal gelar pasukan pengamanan jelang pelantikan Presiden-Wapres

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...