Puslabfor Teliti Kemungkinan JT610 Celaka Akibat Peledak

Puslabfor Teliti Kemungkinan JT610 Celaka Akibat Peledak
Sejumlah barang yang ditemukan di lokasi pencarian Lion Air JT610. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri mengambil beberapa sampel barang milik korban yang ditemukan dari lokasi jatuhnya Lion Air JT610 di Tanjung Karawang. Menurut Kepala Bidang Balistik, Metalurgi Forensik Puslabfor Polri Kombes Ulung Kanjaya, pengambilan sampel itu untuk mengetahui kemungkinan adanya bahan peledak.

"Yang diambil sampel serpihan tas, karena kebanyakan tas (yang ditemukan), sama serpihan non-logam pesawat. Untuk memastikan ada bahan peledak atau enggak," ujar Ulung kepada wartawan di Posko Basarnas JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/11).

Ulung menambahkan, Puslabfor memeriksa hampir semua benda-benda milik korban JT610 yang masih dibiarkan terkumpul di kawasan JICT II. "Semuanya akan diperiksa keseluruhan. Pusatnya kan di kotak hitam, tapi yang di lapangan juga penting," imbuhnya.

Puslabfor telah mengambil sejumlah sampel untuk dimasukkan ke dalam kantong berwarna cokelat. Sampel-sampel itu diperiksa menggunakan alat milik Puslabfor.

Lebih lanjut Ulung mengatakan, Polri akan mengambil alih penyelidikan jika terdapat indikasi atau dugaan jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Karawang akibat sabotase memakai bahan peledak. "Nanti kalau diduga ada pidana, larinya ke Puslabfor, polisi langsung ambil alih," ucap Ulung.(dik/JPC)


Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri mengambil beberapa sampel barang milik korban yang ditemukan dari lokasi jatuhnya Lion Air JT610 di Laut Jawa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News