Puting Beliung Mengamuk Lima Menit, 60 Rumah Rusak

Puting Beliung Mengamuk Lima Menit, 60 Rumah Rusak
Ilustrasi puting beliung. Foto: Pojok Satu/JPNN Group

jpnn.com - GUNUNGSUGIH - Sebanyak 60 rumah di Kampung Sukajaya, Kecamatan Anakratu Aji, Lampung Tengah, porak-poranda diterpa angin puting beliung, Selasa (15/2) sore. Kejadian yang hanya berlangsung lima menit ini menyebabkan satu korban terluka.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamteng M. Juniar mengatakan kejadian yang berlangsung cepat itu membuat panik sebagian warga. 

"Cuma lima menit. Warga berhamburan keluar rumah. Banyak pohon-pohon yang tumbang. Sedikitnya 60 rumah rusak. Rincinnya, 58 rusak ringan, 1 rusak berat, dan 1 musala rusak berat," kata seperti dikutip dari batampos.co.id (Group JPNN), Rabu.

Dalam kejadian ini, kata Juniar, tak ada korban jiwa. "Hanya ada seorang atas nama Jumangin (45) terluka tertimpa tobong bata. Waktu kejadian, korban ada di sana. Tidak parah. Sudah diberi pertolongan di puskesmas terdekat," ujarnya.

Menyikapi musibah ini, kata Juniar, pihaknya sudah mendata jumlah kerusakan akibat puting beliung. "Evakuasi juga sudah dilakukan BPBD dibantu pihak polres dan kodim. Belum tahu kerugiannya berapa," ungkapnya.

Sebelumnya, angin puting beliung juga memorakporandakan ratusan rumah di Dusun VIII, Kampung Gunungbatin Udik, Kecamatan Terusannunyai, Lamteng, Sabtu (12/12) sekitar pukul 18.30 WIB. Akibatnya, sebanyak 114 rumah warga rusak.

Kepala Dusun VIII Ruslan mengatakan bahwa rumah-rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung dan tertimpa pohon-pohon yang tumbang. "Totalnya ada 114 rumah. Empat di antaranya rusak parah tertimpa pohon," katanya.(sya/ray/JPNN)

GUNUNGSUGIH - Sebanyak 60 rumah di Kampung Sukajaya, Kecamatan Anakratu Aji, Lampung Tengah, porak-poranda diterpa angin puting beliung, Selasa (15/2)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News