Putra Pramono Anung Berpotensi Tak Punya Lawan di Pilkada Kediri

Putra Pramono Anung Berpotensi Tak Punya Lawan di Pilkada Kediri
Bendera Partai Politik. Ilustrasi Foto: dok. JPNN.com

jpnn.com, KEDIRI - Isu calon tunggal menguat di Kabupaten Kediri, Jatim, jelang Pilkada 2020.

Pasalnya, sejumlah partai politik memberikan dukungannya untuk pasangan calon Bupati Kediri yang juga anak Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, yakni Hanindhito Himawan Pramono.

Hanindhito bergandengan dengan Dewi Maria Ulfa yang merupakan Ketua Fatayat NU Kabupaten Kediri.

Pasangan itu diusung dan didukung PDI Perjuangan, Partai NasDem, PKB, dan PAN, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

Ketua Kediri Corruption Watch Muhammad Karim Amirullah menyebut warga Kabupaten Kediri kecewa jika terjadi calon tunggal dalam Pilkada Kabupaten Kediri, yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Ini perampokan sistem politik kita. Kalau kita lihat kan jelas partai politik menyelenggarakan konvensi, ada Partai Nasdem, Golkar, PKB, PDIP, itu semua telah jalankan konvensi, telah muncul beberapa kader dari masyarakat Kabupaten Kediri yang memiliki kapasitas dan kapabilitas," kata Ketua Kediri Corruption Watch Muhammad Karim Amirullah ditemui dalam acara rapat koordinasi tahapan pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kediri di Kediri, Jumat (24/7).

Ia mengatakan, dalam konvensi oleh masing-masing partai politik telah muncul beberapa kader dari masyarakat Kabupaten Kediri yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sekaligus ekspektasi di masyarakat. Namun justru tidak terjaring.

"Malah dapat calon yang kemudian tidak pernah aktif, bukan aktivis, kurang memahami aspek politis menjadi calon. Ini yang saya katakan sesuatu yang memprihatinkan di Kabupaten Kediri," kata dia.

Calon tunggal kemungkinan terjadi di Pilkada Kediri, yakni hanya pasangan Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News