Qomar Pernah Pakai Ijazah Palsu untuk Ikut Pilkada 2018?

Qomar Pernah Pakai Ijazah Palsu untuk Ikut Pilkada 2018?
Nurul Qomar (tengah) bersama kuasa hukumnya, Furqon Nurzaman saat menandatangani berkas acara setelah polisi mengabulkan permohonan agar tidak ditahan. Foto: istimewa for Radar Cirebon

jpnn.com, CIREBON - Mantan anggota DPR dari Partai Demokrat (PD) Nurul Qomar tengah tersangkut kasus ijazah palsu. Politikus berlatar belakang pelawak itu menyandang status tersangka dan sempat ditangkap polisi gara-gara kasus ijazah S-1 dan S-2 palsu yang menjeratnya.

Dugaan kasus ijazah palsu yang menyeret Qomar bukanlah persoalan baru. Sebab, dugaan bahwa personel grup lawak Empat Sekawan itu menggunakan ijazah palsu pernah mencuat pada saat Pilkada Kabupaten Cirebon 2018.

Qomar pernah dua kali mengikuti Pilkada Kabupaten Cirebon, yakni pada 2013 dan 2018. Pada 2013, pelawak kelahiran 11 Maret 1960 itu mencadi calon bupati Cirebon yang berpasangan dengan Subhan.

Adapun pada 2018, Qomar mencadi calon wakil bupati Cirebon. Pasangannya kala itu adalah Mohammad Lutfi.

BACA JUGA: Diduga Palsukan Ijazah, Pelawak Qomar Ditangkap Polisi

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Sopidi mengungkapkan, Qomar saat mendaftar sebagai calon wakil bupati melampirkan ijazah S-1 dan S-2. Namun, Qomar menarik dua ijazah itu sebelum KPU Kabupaten Cirebon menetapkan pasangan calon.

Praktis, Qomar hanya menyertakan ijazah SMA. “Yang dipakai (syarat mendaftar, red) ijazah SMA,” kata Sopidi seperti diberitakan Radar Cirebon.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon Abdul Khoir MH mengatakan, tak ada masalah dengan ijazah Qomar saat maju sebagai calon bupati pada pilkada tahun lalu. Sebab, Qmar menggunakan ijazah SMA saja.

Mantan anggota DPR Nurul Qomar yang dikenal sebagai pelawak pernah menyertakan ijazah S1 dan S2 saat mendaftar sebagai calon bupati pada Pilkada Kabupaten Cirebon 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News