Quick Count LKPI, Keunggulan Ganjar Hanya Setipis Ini?

Quick Count LKPI, Keunggulan Ganjar Hanya Setipis Ini?
Ganjar Pranowo dan Taj Yasin menunjukkan nomor urut pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Jawa Tengah. Foto: Instagram/ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Quick count Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) di Pilkada Jawa Tengah cukup mengejutkan.

Pasalnya pasangan Ganjar Pranowo - Taj Yasin unggul sangat tipis dari pesaingnya Sudirman Said Ida Fauziah.

Dalam rilis elektronik LKPI tentang hasil quick count Pilkada Jateng yang diterima JPNN, Rabu (27/6) malam, hasil yang diperoleh dari 2.890 TPS menunjukkan persaingan yang sangat ketat.

Di mana hasilnya menyatakan pasangan Ganjar Pranowo - Taj Yasin memperoleh suara sebesar 50,02 persen. Sementara Sudirman Said - Ida Fauziah meraih suara sebesar 49,98 persen.

Lewat rilis itu Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyo menyebut dana yang masuk sudah mencapai 100 persen dan margin of error +/- 1,6 persen. Dia beralasan tipisnya perbedaan terjadi karena lembaganya lebih banyak menghimpun data dari TPS di desa-desa di Jateng.

'Itu data yang masuk terkahir dari wilayah desa. Jumlah pemilihnya kan enggak beda jauh antara desa sama kota," jelas Arifin menjawab JPNN, beberapa saat lalu.

Data yang dirilis LKPI berbeda cukup jauh dengan yang dirilis dua lembaga, yakni LSI Denny JA dan Indo Barometer.

Hasil survei cepat Indo Barometer sebagaimana dikutip dari quickcount.tempo, menyatakan Ganjar-Taj meraih 56,74 persen suara. Sedangkan Sudirman-Ida 43,26 persen. Hasil ini merupakan suara yang masuk sudah 100 persen.

Hasil perolehan suara Ganjar Pranowo dan Taj Yasin sebelumnya lebih tinggi jauh dibanding paslon lain di quick count Pilkada Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News