Radiasi Nuklir Jepang Meluas, Indonesia Masih Aman

Radiasi Nuklir Jepang Meluas, Indonesia Masih Aman
Radiasi Nuklir Jepang Meluas, Indonesia Masih Aman
JAKARTA - Radiasi nuklir Jepang kian meluas. Gempa susulan 7,1 SR, disebut turut mempengaruhi kondisi PLTN Fukushima. Tingkat radiasi nuklir ditingkatkan ke level 7. Peningkatan level ini menindaklanjuti tidak berfungsinya fasilitas pendingin reaktor. Sejumlah ahli nuklir AS pun menyebut radiasi nuklir Jepang hampir sama dengan bencana nuklir di Chernobyl, Ukraina.

Namun demikian pemerintah Indonesia memastikan, dampak radiasi nuklir belum sampai ke Indonesia. Jarak yang cukup jauh dan sudah terbentuknya tim antisipasi radiasi nuklir, disebut ikut berperan aktif menghindari dampak buruk.

‘’Sejauh ini dari sisi ekspor impor masih belum menunjukkan tanda-tanda mengganggu. Walaupun ini menjadi perhatian kita misalnya otomototif. Tapi kalau soal makanan, sangat kecil sekali dampaknya,’’ tegas Menteri koordinator perekonomian, Hatta Radjasa pada wartawan di Jakarta, Rabu (13/4).

Namun meski masih diyakini aman, pemerintah melalui Kementrian Kesehatan tetap meningkatkan kewaspadaan. Terutama pada produk-produk bahan makanan dan permainan anak dari Jepang. Radiasi nuklir Jepang memang mulai terlihat di perairan laut sekitar PLTN Fukushima dan negara sekitarnya. ‘’Kita sudah ada tim yang memantau setiap perkembangan. Laporannya juga sudah kita berikan ke Presiden,’’ kata Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih.

JAKARTA - Radiasi nuklir Jepang kian meluas. Gempa susulan 7,1 SR, disebut turut mempengaruhi kondisi PLTN Fukushima. Tingkat radiasi nuklir ditingkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News