Rakyat Jogja Inginkan HB X Tetap Gubernur DIJ

Juga Desak Maju Pilpres

Rakyat Jogja Inginkan HB X Tetap Gubernur DIJ
Rakyat Jogja Inginkan HB X Tetap Gubernur DIJ
JOGJA - Rakyat Jogja mendua. Di satu sisi, mereka mendesak pemerintah pusat menetapkan RUU Kekhasan Jogja yang salah satu bagiannya berisi penetapan sultan Jogja sebagai gubernur DIJ (Daerah Istimewa Jogja) dan Paku Alam sebagai wakilnya. Di sisi lain, mereka juga mendorong sultan Jogja yang sekarang, Hamengku Buwono X, maju dalam pencalonan presiden.

Desakan menjadi capres itu datang dari Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Bantul yang merancang pisowanan agung 28 Oktober mendatang. Agenda utama pertemuan sultan dengan rakyatnya itu adalah mendesak HB X maju dalam pemilihan presiden.

HB X sudah menyatakan bersedia hadir dalam acara tersebut. ''Saya akan datang dan menjawab (desakan itu),'' tegasnya setelah menghadiri paripurna DPRDDIJ Selasa (21/10).

Dalam pisowanan itu, HB X berjanji menyampaikan sikap terkait dengan desakan tersebut. ''Kalau mereka (Apdesi) minta, ya harus diputuskan,'' ujarnya. Soal pro-kontra dirinya maju sebagai capres, HB X menyatakan itu hal biasa. Dalam pengambilan kebijakan pun kerapmuncul pro-kontra.

JOGJA - Rakyat Jogja mendua. Di satu sisi, mereka mendesak pemerintah pusat menetapkan RUU Kekhasan Jogja yang salah satu bagiannya berisi penetapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News