Rakyat Miskin Kota Patungan untuk Bantu Anies, Ini Harapan Mereka

Rakyat Miskin Kota Patungan untuk Bantu Anies, Ini Harapan Mereka
Anies Baswedan mendatangi masyarakat yang mengatasnamakan dirinya dengan Jejaring Rakyat Miskin Indonesia (JERAMI) dan Urban Poor Consortium di Jakarta Utara, Senin (29/1/2024). Foto: dok Timnas AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan mendapatkan dukungan luar biasa dari masyarakat. Tidak hanya dukungan suara tapi juga sumbangan uang untuk membantu biaya pemenangan Anies dalam menjalani proses Pilpres 2024.

Hal tersebut terlihat saat Anies mendatangi masyarakat yang mengatasnamakan dirinya dengan Jejaring Rakyat Miskin Indonesia (JERAMI) dan Urban Poor Consortium di Jakarta Utara, Senin (29/1).

Salah seorang perwakilan warga memberikan uang saweran mereka yang disimpan di dalam ember kepada Anies.

Anies pun menerimanya dengan wajah berseri sembari berulang kali menyampaikan terima kasih kepada perwakilan warga dan massa yang berkumpul di depan panggung acara.

Mantan gubernur DKI itu lalu mengacungkan jari telunjuknya ke arah massa sebagai simbol ajakan perjuangan memenangkan nomor urut 1.

Dalam kesempatan tersebut Anies juga menandatangani kontrak politik dengan JERAMI dan Urban Poor Consortium (UPC).

Kontrak politik bertajuk sapta tira atau tujuh titipan rakyat itu berisi kesepakatan perlunya reformasi agraria perkotaan; koperasi sebagai basis ekonomi kerakyatan; penguatan dan perlindungan ekonomi informal; jaminan sosial menyeluruh untuk rakyat miskin; penguatan peran sosial, ekonomi dan politik perempuan miskin; pendidikan berkelanjutan; dan mitigasi perubahan iklim dan dampak eksploitasi sumberdaya alam.

Anies menilai salah satu persoalan mendasar masyarakat perkotaan adalah masalah hunian. Karena itu dia bertekad untuk melakukan reformasi agraria perkotaan jika terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024.

Anies menilai salah satu persoalan mendasar masyarakat perkotaan adalah masalah hunian. Karena itu dia bertekad untuk melakukan reformasi agraria perkotaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News