Rapat Gabungan Sepakat Tetap Melantik Tiga Pimpinan MPR Baru

Rapat Gabungan Sepakat Tetap Melantik Tiga Pimpinan MPR Baru
Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil rapat gabungan (ragab) yang digelar pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Rabu (21/3), menyepakati untuk tetap melantik tiga wakil ketua MPR tambahan yang diamanatkan oleh Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan pelantikan akan dilakukan dalam rapat paripurna, Senin (26/3).

“Sudah disepakati kami akan mengagendakan secepatnya yaitu Senin (26/3) untuk paripurna menetapkan wakil ketua yang tiga, kemudian melantik,” kata Zulkifli kepada wartawan usai ragab di gedung parlemen, Jakarta, Rabu (21/3).

Zulkifli pun mengatakan pimpinan DPR sudah menerima dan menyepakati surat usulan nama wakil ketua MPR dari Fraksi Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) menjelaskan dari PDI Perjuangan mengusulkan Ahmad Basarah, Gerindra menyodorkan Ahmad Muzani, dan PKB memercayakan kepada Muhaimin Iskandar. “Semua sepakat ini lebih cepat lebih bagus,” katanya.

Zulkifli mengatakan penyesuaian rancangan tata tertib tadi sudah disetujui. Redaksinya nanti akan disempurnakan oleh kesekretariatan jenderal (kesetjenan) MPR.

“Tapi, yang jelas rapat gabungan sudah menyetujui. Itulah MPR, kami selalu musyawarah, mufakat, sudah berlangsung empat tahun ini,” jelasnya.

Zulkifli mengatakan MPR bersyukur walaupun ada perbedaan-perbedaan, nilai-nilai keindonesiaan tetap dijaga. “Kalau kita mufakat semua selesai dengan baik,” ungkap politikus asal Lampung itu.

Dia mengatakan pimpinan MPR menghargai pendapat Partai Persatuan Pembangunan. Yang jelas, dalam ragab, sembilan fraksi dan satu kelompok Dewan Pimpinan Daerah (DPD), sudah sepakat bahwa pengertian nomor enam adalah PKB. Dia mengatakan kalau nanti ada gugatan silakan saja. “Tapi, putusan melantik Senin 26 Maret yang akan datang,” tegasnya.

Zulkifli mengatakan pimpinan DPR sudah menerima dan menyepakati surat usulan nama wakil ketua MPR dari Fraksi Gerindra, PDIP dan PKB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News