Rapat Kabinet di Mount Everest

Bahas Nasib Himalaya, Dilengkapi Tabung Oksigen

Rapat Kabinet di Mount Everest
Foto : AP
KALAPATTAR - Bahas nasib Himalaya, Perdana Menteri Nepal Madhav Kumar memboyong "pembantu-pembantu"nya ke lereng Gunung Everest untuk rapat kabinet. Mereka menyusun pendapat awal tentang perubahan iklim yang berdampak langsung pada Puncak Himalaya, sebelum dibawa ke Pertemuan Perubahan Iklim di Kopenhagen, Belanda.

Untuk menuju tempat rapat di Kalapattar yang berada 5.262 meter di atas permukaan laut, sang PM dan 22 menteri anggota kabinetnya diterbangkan dengan helikopter. Wilayah itu dikenal sebagai puncak gunung tertinggi di dunia. Tak heran jika para menteri yang berjuang melawan hawa dingin itu dilengkapi dengan tabung oksigen.

   

Dinaungi langit biru cerah, mereka ambil bagian dalam upacara keagamaan Sherpa, sebelum menyetujui draft pidato yang akan dibacakan PM Madhav dalam forum pertemuan internasional perubahan iklim di Kopenhagen.

   

Mengenakan penutup kepala tradisional Tibet dan ikat kepala bertulis "Selamatkan Himalaya" anggota kabinet duduk mengelilingi meja. Mereka mengadakan rapat dengan latar belakang gunung tertinggi di dunia itu. Wakil PM Sujata Koirala, 55, membeberkan, pemerintah Nepal akan meminta kompensasi kepada negara-negara kaya agar menyumbangkan 1,5 persen pendapatannya untuk membantu program pemerintah mengurangi dampak perubahan iklim.

   

KALAPATTAR - Bahas nasib Himalaya, Perdana Menteri Nepal Madhav Kumar memboyong "pembantu-pembantu"nya ke lereng Gunung Everest untuk rapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News