Rapimnas Putuskan Demokrat Netral

Rapimnas Putuskan Demokrat Netral
Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Demokrat di Hotel Sultan akhirnya usai. Keputusannya, partai berlambang segitiga mercy itu tidak akan bergabung dengan poros koalisi yang ada saat ini.

"Preferensi Demokrat adalah netral, tidak berpihak, dalam arti tidak bergabung manapun. Baik kubu Pak Jokowi maupun Pak Prabowo," kata Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan hasil rapimnas, Minggu (18/5) malam.

Menurut SBY, keputusan tersebut diambil melalui jajak pendapat di antara para peserta rapimnas. Hasilnya, sebanyak 56 persen peserta rapat menghendaki Demokrat bersikap netral.

"Rapimnas berpendapat lebih mulia dan terhormat bagi Demokrat untuk bersikap mandiri serta tidak perlu meminta-minta kepada pihak manapun untuk sebuah kekuasaan," papar SBY.

Namun, lanjutnya, keputusan ini belum menjadi sikap resmi partai Demokrat. SBY menjelaskan, hasil rapimnas hanya menjadi usulan untuk dirinya selaku ketua majelis tinggi yang berwenang membuat keputusan definitif.

"Memperhatikan sikap tersebut, saya akan segera membuat keputusan selambat-lambatnya lusa (20 Mei)," pungkasnya.

Anehnya, keputusan rapimnas sama sekali tidak menyinggung soal pembentukan poros baru. Padahal awalnya opsi tersebut cukup hangat dibicarakan. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Demokrat di Hotel Sultan akhirnya usai. Keputusannya, partai berlambang segitiga mercy itu tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News