Ratusan Buruh Blokir Perempatan Daan Mogot

Ratusan Buruh Blokir Perempatan Daan Mogot
Ratusan Buruh Blokir Perempatan Daan Mogot
TANGERANG - Merasa aspirasinya tidak didengar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, ratusan  buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Buruh Kota Tangerang memblokir perempatan Tanah Tinggi, Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, Rabu (7/12). Akibatnya, kemacetan parah mengular berjam-jam di akses jalan antara Kota Tangerang-DKI Jakarta hingga Kalideres.

Koordinator aksi demo, Poiman mengatakan aksi blokir jalan itu dilakukan sebagai protes kaum buruh atas penetapan UMK (upah minimum kota) Tangerang 2012 yang ditetapkan Rp 1.381.000/bulan.”Aksi kami gelar karena permintaan kami tidak diakomodir Pemkot Tangerang agar menyamakan UMK 2012 dengan DKI Jakarta,” terangnya.

Para buruh meminta Wali Kota Tangerang Wahidin Halim memperjuangkan UMK Tangerang Rp 1.529 juta seperti yang diterapkan di DKI Jakarta. ”Wali Kota Tangerang dan Gubernur Banten mengabaikan nasib buruh. Kami sering meminta beraudiensi tapi tidak pernah ditemui. Kami kecewa karena hanya dijadikan alat politik,” cetusnya juga.

Sebelumnya, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengeluarkan SK penetapan UMK 2012 untuk Tangerang Raya, seperti Kota Tangerang dan Kota Tangsel Rp 1.381.000 /bulan, sedangkan Kabupaten Tangerang Rp 1,379.000/bulan. ”Angka itu tak sesuai dengan standar hidup. Walau buruh, kami juga manusia. Jangan diperlakukan seenaknya,” cetusnya juga.

TANGERANG - Merasa aspirasinya tidak didengar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, ratusan  buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Buruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News