Ratusan Calon Kada Teken Pakta Integritas

Ratusan Calon Kada Teken Pakta Integritas
Ratusan Calon Kada Teken Pakta Integritas
JAKARTA - Sebanyak 209 kontestan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2010 dari berbagai wilayah di Indonesia, memenuhi undangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menandatangani Pakta Integritas yang dirancang sebagai salah satu cara mewujudkan Pilkada yang bersih. Penandatanganan dilakukan di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta, Selasa (18/5).

Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini, menyatakan bahwa dengan penandatanganan Pakta Integritas tersebut Bawaslu berharap  proses Pilkada 2010 di berbagai wilayah dapat berjalan dengan bersih. “Pada Pilkada ini kami menggunakan segala cara untuk melakukan pecegahan,” ujar Hidayat saat ditemui usai penandatanganan Pakta Integritas di JIE Kemayoran, Jakarta.

Menurutnya, terdapat beberapa poin penting yang tercantum dalam Pakta Integritas tersebut. Antara lain, calon berjani tidak akan melakukan tindakan pelanggaran pilkada seperti politik uang, penyalahgunaan jabatan dan fasilitas negara, manipulasi daftar pemilih, serta melakukan kampanye hitam. Peserta pilkada juga diminta untuk berlaku jujur dan transparan dalam penyerahan rekening dana kampanye, termasuk dalam laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye.

Hidayat menambahkan, Pakta Integritas tersebut sudah lama dirancang Bawaslu. “Itu memang sudah lama kami rancang. Hanya saja menemukan momentumnya saat ini,” terangnya.

JAKARTA - Sebanyak 209 kontestan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2010 dari berbagai wilayah di Indonesia, memenuhi undangan Badan Pengawas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News