Ratusan Guru PPPK Ini Belum Digaji Pemda, Mereka Merasa Dipingpong, Duh

Ratusan Guru PPPK Ini Belum Digaji Pemda, Mereka Merasa Dipingpong, Duh
Ratusan guru PPPK Papua konon belum digaji pemda. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Sebanyak 20 perwakilan guru PPPK Provinsi Papua menyambangi Gedung DPRD setempat untuk mengadukan masalah gaji mereka belum dibayarkan pemerintah daerah (pemda).

Puluhan honorer itu diterima Ketua Komisi V DPRD Papua Timeles Jikwa didampingi anggota di Jayapura, Senin (12/12).

Koordinator guru PPPK Papua Felisia Rosita mengatakan mereka mengadu ke DPRD karena pembayaran gaji oleh Dinas Pendidikan Papua belum ada kejelasan.

Dia menyebut ada sekitar 900 guru honorer yang diangkat jadi PPPK dengan masa kontrak lima tahun belum digaji, padahal mereka dikontrak per 1 Februari 2022 dengan gaji pokok Rp 2.966.500.

Akan tetapi gaji mereka sebagai guru PPPK hingga kini belum dibayarkan. Yang tidak kalah pahit, mereka disebut hanya menerima dua bulan gaji saja pada 2022 ini.

"Dinas Pendidikan Papua menginformasikan bahwa guru PPPK SMA/SMK hanya berhak mendapatkan dua bulan gaji, yaitu November dan Desember 2022," kata Feli.

Guru BK di SMAN 4 Entrop itu menjelaskan di dalam SK PPPK juga tertulis para guru menerima tunjangan keluarga, tetapi kali ini mereka masih menuntut pembayaran gaji pokok terlebih dahulu.

Merasa Dipingpong

Feli juga mengungkap pihaknya pernah menanyakan perihal pembayaran gaji PPPK kepada Dinas Pendidikan Papua, tetapi malah diarahkan ke BPKAD.

Ratusan guru PPPK Papua mengadu ke DPRD bahwa mereka belum digaji oleh pemda, padahal SK mereka sudah sejak 1 Februari 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News