Ratusan Jasad Korban Tsunami Thailand 2004 Belum Teridentifikasi

Ratusan Jasad Korban Tsunami Thailand 2004 Belum Teridentifikasi
Ilustrasi mayat. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com, BANGKOK - Ratusan jasad korban tsunami Thailand 2004 sampai saat ini masih belum teridentifikasi. Sebuah kontainer di kantor polisi Thailand menjadi saksi nasib tragis mereka.

Di dalam kontainer tersebut terdapat barang-barang pribadi, seperti dompet, dokumen, elektronik, semua dimasukkan ke dalam kantong dan dilabeli sebagai bukti.

Aparat Thailand berharap barang-barang itu suatu hari dapat membantu menunjukkan nama dan tempat peristirahatan yang layak bagi para korban yang kini dimakamkan di kuburan dengan hanya ditandai angka.

"Masih banyak lagi kerabat korban, baik yang dekat maupun jauh, yang berharap menemukan orang terkasih mereka," kata Kolonel Khemmarin Hassini, wakil komandan polisi di distrik Takua Pa, salah satu daerah yang paling parah dihantam tsunami.

Dipicu gempa dahsyat dengan 9,1 magnitudo, tsunami menelan lebih dari 230.000 korban jiwa saat gelombang setinggi 17,4 meter menghantam pantai di lebih dari belasan negara, menyapu sejumlah masyarakat dalam hitungan detik.

Di Thailand, di mana lebih dari 5.000 orang meninggal, unit Identifikasi Korban Bencana (DVI) yang melibatkan polisi dan ahli forensik dari 30 negara berhasil mengidentifikasi lebih dari 3.600 jasad dalam kurun dua tahun, kerja keras terbesar dan paling sukses.

Kolonel Khemmarin merupakan bagian dari tim internasional tersebut, namun ia mengatakan 15 tahun kemudian banyak "saluran komunikasi ditutup" dan sejumlah petunjuk hilang.

"Seandainya kami cukup tekad dan mengaktikan kembali operasi kami sekali lagi, saya rasa beberapa dari 340 jasad dapat teridentifikasi," katanya kepada Reuters di Kota Takua Pa.

Ratusan jasad korban tsunami Thailand 2004 sampai saat ini masih belum teridentifikasi. Sebuah kontainer di kantor polisi Thailand menjadi saksi nasib tragis mereka

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News