Ratusan Makam Dibongkar Karena Salah Kiblat

Ratusan Makam Dibongkar Karena Salah Kiblat
Ratusan Makam Dibongkar Karena Salah Kiblat
PAGARALAM – Ratusan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Simpang Padang Karet Baru, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, diduga salah arah kiblat. Kondisi ini membuat pihak keluarga terpaksa membongkar kembali makam kerabat mereka.

Pantauan koran ini di lapangan, Minggu (17/3), pemicu banyaknya makam yang salah kiblat tersebut lantaran saat pemindahan makam yang terkena pelebaran jalan ini tak dilakukan pengukuran ulang arah kiblat oleh ahlinya. Akibatnya, ratusan makam di kawasan Ayek Betung ini dikubur dengan arah kiblat yang salah.

Turiman (54), penjaga makam mengakui, banyak letak makam yang salah kiblat. ”Awal pemindahan makam, hanya berpedoman dengan arah Gunung Dempo. Tak dilakukan pengukuran ulang arah kiblat,” ujarnya.

Dikatakan, pemindahan kuburan ini dilakukan awal 2011. Informasinya, saat penggalian lubang makam, berpedoman arah ke Gunung Dempo. ”Saat itu, yang dipindahkan ada sekitar dua ratus lebih makam di TPU Padang Karet Ayek Betung ini,” ungkapnya.

PAGARALAM – Ratusan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Simpang Padang Karet Baru, Kelurahan Ulu Rurah, Kecamatan Pagaralam Selatan, diduga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News