5.000 Hektar Sawah Petani Tak Berfungsi

5.000 Hektar Sawah Petani Tak Berfungsi
5.000 Hektar Sawah Petani Tak Berfungsi
LHOKSUKON- 5.000 hektar lebih areal sawah petani di Wilayah Timur,  Aceh Utara jadi lahan tidur (sleeping land). Hal ini akibat belum maksimalnya sistem irigasi yang ada di Aceh Utara.  Kondisi itu membuat areal sawah tidak lagi difungsikan oleh masyarakat selama ini.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Aceh Utara, Ir Mukhtaruddin, saluran irigasi sepanjang hampir 10 kilometer mengalami rusak parah dikawasan Lhoksukon- Baktya Barat, Aceh Utara.  Kerusakan ini telah terjadi sejak tahun 2003 lalu dan juga mengakibatkan sejumlah areal sawah di kecamatan lainnya kekurangan air.

“Ada beberapa hal yang membuat hasil atau produksi padi di Aceh Utara belum maksimal.  Belum semua areal ada irigasi, saluran pembuang yang butuh normalisasi.  Sehingga lahan tersebut tidak difungsikan dan menjadi lahan tidur,”ungkap Mukhtaruddin, kepada Rakyat Aceh (Grup JPNN), Minggu (17/3).

Selama ini sambungnya, produksi padi di Aceh Utara rata-rata mencapai sekitar 4 sampai 5 ton.  Kedepan diupayakan hasil produksi padi harus ditingkatkan dengan rata-rata mencapai sekitar 7 ton.  Kondisi ini tentulah harus didukung oleh sistem irigasi yang baik dan bibit unggul serta pendampingan kepada petani.

LHOKSUKON- 5.000 hektar lebih areal sawah petani di Wilayah Timur,  Aceh Utara jadi lahan tidur (sleeping land). Hal ini akibat belum maksimalnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News