Cuaca Ekstrim Masih Mengancam

Cuaca Ekstrim Masih Mengancam
Cuaca Ekstrim Masih Mengancam
JAMBI - Cuaca ekstrim masih mengancam Kota Jambi dalam beberapa hari ke depan. Menurut keterangan Kurnianingsih, Koordinator Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi bulan ini (Maret, red) merupakan puncak musim hujan, khususnya di wilayah Kota Jambi.

Diterangkannya, posisi matahari berada di garis khatulistiwa, sehingga penyinaran matahari di terima langsung permukaan bumi. “Ini lah yang menyebabkan terjadinya cuaca ekstrim, panas sinar matahari yang langsung di terima bumi tersebut menyebabkan penguapan besar naik kelapisan udara membentuk awan-awan hujan atau awan konvektif yang bisa menyebabkan terjadinya cuaca ekstrim,” ujar Kurnianingsih.

Masih sama seperti hari sebelumnya, menurut dia, cuaca ekstrim yang perlu diwaspadai adalah hujan dengan intensitas yang cenderung tinggi. “Cuaca ekstrim yang harus diwaspadai adalah hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang,’’ tambahnya.

Dijelaskannya juga, dalam tiga hari kedepan cuaca Kota Jambi umumnya berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat juga berpeluang terjadi pada sore atau malam hari. Sementara untuk angin, sebutnya, umumnya bertiup dari barat laut hingga timur laut degan kecepatan 8-30 km/jam. "Suhu udara minimal 23 derjat Celsius hingga suhu maksimal 31 derajat Celsius," ungkapnya.

JAMBI - Cuaca ekstrim masih mengancam Kota Jambi dalam beberapa hari ke depan. Menurut keterangan Kurnianingsih, Koordinator Badan Meteorologi Klimatologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News