Ratusan Prajurit Korps Marinir TNI AL Bersiaga di Tepi Pantai, Ada Apa?

Ratusan Prajurit Korps Marinir TNI AL Bersiaga di Tepi Pantai, Ada Apa?
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pada acara pembaretan kepada prajurit remaja Korps Marinir TNI AL di tepi pantai Baruna, Malang Jawa Timur, Selasa (7/12). Foto: Dispenal

jpnn.com, MALANG - Sebanyak 512 prajurit remaja Korps Marinir TNI AL bersiaga di tepi pantai Baruna, Malang Jawa Timur, Selasa (7/12).

Prajurit Jalasena ‘Petarung Samudera’ ini tampak berbaris pada acara penyematan baret ungu Korps Marinir TNI AL oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

“Banggalah menjadi prajurit Korps Marinir, karena kalian telah menjadi bagian dari satuan yang menjadi andalan bangsa dan negara,” tegas  Laksamana Yudo saat menyemangati prajuritnya.

Sebanyak 512 prajurit remaja tersebut terdiri dari 17 personel Perwira Remaja AAL Angkatan 66, 149 personel Bintara Remaja PK XL/1, 148 personel Bintara Remaja PK XL/2 dan 198 personel Tamtama Remaja PK XL/2.

Untuk membangkitkan rasa hormat dan bangga serta penghargaan yang tinggi para prajurit Korps Marinir muda terhadap baret ungu Korps Marinir, dalam prosesi pemakaian baret Korps Marinir tersebut diperdengarkan pidato Presiden Soekarno pada saat penganugerahan Panji kepada Korps Komando AL dan pembacaan surat pesan terakhir Prajurit KKO AL Usman dan Harun.

Momentum sakral pemakaian baret oleh Inspektur Upacara kepada perwakilan peserta dilanjutkan dengan pengucapan janji sebagai prajurit Korps Marinir oleh seluruh prajurit Korps Marinir.

Mereka berjanji untuk senantiasa menjunjung tinggi jiwa korsa, kehormatan, dan jati diri prajurit Korps Marinir.

Tradisi pembaretan ini merupakan implementasi pembinaan personel Korps Marinir dari aspek kultural yang merupakan peristiwa penting di awal perjalanan seorang prajurit Korps Marinir.

Sebanyak ratusan prajurit Korps Marinir TNI AL tampak bersiaga di tepi pantai Baruna, Malang Jawa Timur, Selasa (7/12), ada apa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News