Ratusan Warga Tibet Ditangkap

Peringati Perlawanan Penjajahan Tiongkok

Ratusan Warga Tibet Ditangkap
Ratusan Warga Tibet Ditangkap
LHASA - Tibet memanas lagi. Seperti dilaporkan harian Inggris The Times (11/3), di ibu kota Lhasa, ratusan orang yang dicurigai dikabarkan ditangkap. Sedangkan puluhan paramiliter yang dipersenjatai meningkatkan patroli untuk mengintimidasi warga asli negeri di lereng Himalaya itu agar tak turun ke jalan.

Setiap 10 Maret, warga Tibet memperingati peristiwa perlawanan kepada penjajahan Tiongkok yang meletus pada 10 Maret 1959. Buntut kejadian tersebut, pemimpin Spiritual Tibet Dalai Lama pun mengungsi ke India hingga sekarang.

Dua tahun lalu, diawali demonstrasi damai para biksu pada 10 Maret, meletuslah kerusuhan yang mengakibatkan 20 orang tewas empat hari kemudian. Nah, Beijing sangat khawatir insiden yang sama terulang kali ini.

Untuk itulah, siapa saja yang dicurigai langsung diciduk. "Ada sekitar 500 orang yang telah ditangkap," kata sejumlah warga Tibet di Lhasa yang dihubungi The Times.

LHASA - Tibet memanas lagi. Seperti dilaporkan harian Inggris The Times (11/3), di ibu kota Lhasa, ratusan orang yang dicurigai dikabarkan ditangkap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News