Ravindra Airlangga Ajak Warga Bogor Memanfaatkan Potensi Ternak Lele

Ravindra Airlangga Ajak Warga Bogor Memanfaatkan Potensi Ternak Lele
Anggota DPR RI, Ravindra Airlangga saat kegiatan ngariung bersama warga Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Foto: source for JPNN

jpnn.com, BOGOR - Kabupaten Bogor memang tidak memiliki wilayah laut tetapi memiliki keunggulan komparatif di sektor perikanan air tawar.

Saat ini, Kabupaten Bogor menjadi pemasok utama ikan lele untuk DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI, Ravindra Airlangga, pada kegiatan ngariung bersama warga Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12).

Di hadapan 200an warga yang didominasi ibu-ibu di Desa Cibarayut, Cigombong, Kabupaten Bogor, tersebut, Ravindra menyampaikan saat ini kebutuhan ikan lele untuk DKI Jakarta mencapai 120 ton per hari.

Namun, sebagai pemasok utama, Bogor hanya mampu memproduksi 80 ton per hari.

“Supply ikan lele untuk Jakarta terbanyak dari Kabupaten Bogor. Permintaan ikan lele untuk Jakarta 120 ton per hari. Kabupaten Bogor bisa memproduksi 80 ton per hari. Artinya ada potensi yang sangat besar untuk meningkatkan produksi ikan lele. Peluang pasarnya masih sangat besar,” ungkap anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Menurut Ravindra, ini bisa dan harus dimanfaatkan oleh warga untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Menurut dia, ikan lele sejauh ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan.

Produksi ikan yang bandel ini tidak harus dalam skala besar, melainkan juga cocok untuk skala rumah tangga.

Ravindra Airlangga menyampaikan saat ini kebutuhan ikan lele untuk DKI Jakarta mencapai 120 ton per hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News