Jaga Konservasi Hayati, Ravindra Airlangga Dukung Pengembangan Bioprospeksi di Indonesia

Jaga Konservasi Hayati, Ravindra Airlangga Dukung Pengembangan Bioprospeksi di Indonesia
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ravindra Airlangga. Foto: dok source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Ravindra Airlangga mendukung pengembangan bioprospeksi di Indonesia.

Menurutnya, inisiatif tersebut merupakan langkah penting untuk menjaga konservasi hayati.

“Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Seharusnya ini menjadi peluang yang sangat penting bagi kita untuk pengembangan bioprospeksi dan sekaligus menjadi langkah penting untuk konservasi kekayaan hayati kita,” ungkap Ravindra dalam keterangan pers, Jumat (29/12).

Politikus muda Partai Golkar ini menjelaskan bahwa tanaman-tanaman yang tumbuh di nusantara mengandung unsur yang bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk farmakologi dan enzim industri.

“Ada senyawa yang bisa diderivasikan dari tanaman-tanaman Indonesia yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat farmakologi, enzim industri dan hal lainnya,” terangnya.

Oleh karena itu, Ravindra berharap ada timbal balik komersil untuk Indonesia dari usaha bioprospeksi tersebut.

“Dalam UU KSDAE kami harap apabila kekayaan sumber daya genetik menghasilkan produk komersial, maka diharapkan ada bagi hasil ke negara pemilik SDG. Ini akan diperkuat ke depannya oleh RUU SDG yang dicanangkan. Contohnya ada obat kanker yang dihasilkan dari tanaman taxus sumatera yang sudah dikomersialkan oleh perusahaan mancanegara,” ujar anggota DPR RI Komisi IV dari Fraksi Partai Golkar tersebut.

Bioprospeksi berdasarkan definisi Prof. Hadi S. Alikodra adalah upaya penelusuran, klasifikasi, dan investigasi secara sistematik produk yang berguna seperti senyawa kimia baru, bahan aktif, gen, protein, serta informasi genetik lain untuk tujuan komersil dengan nilai ekonomi aktual dan potensial yang ditemukan dalam keragaman hayati.

Ravindra Airlangga berharap ada timbal balik komersil untuk Indonesia dari usaha bioprospeksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News