Reaksi Presiden Jokowi Jika Amien Rais Jadi Capres Lagi

Reaksi Presiden Jokowi Jika Amien Rais Jadi Capres Lagi
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo menyampaikan responsnya atas keinginan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2019. Jokowi -panggilan beken Joko Widodo- menilai majunya Amien di Pilpres 2019 akan membuat rakyat punya alternatif pilihan.

“Ya saya kira sangat, sangat bagus. Sangat bagus karena beliau seorang tokoh politik yang saya kira tidak diragukan lagi pengalamannya,” ujar Jokowi di Istana Bogor, Selasa (12/6).

Mantan gubernur DKI itu menambahkan, senioritas Amien di kancah politik nasional juga tak perlu diragukan lagi. “Kemudian juga kapabilitas dan leadership beliau juga, saya kira tidak ada yang meragukan, rakyat juga tidak meragukan itu,” tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyebut rekam jejak Amien tak meragukan. “Saya kira sangat bagus untuk memberikan alternatif pilihan-pikihan dalam rangka pilpres ke depan,” tutur Jokowi.

Sebelumnya, Amien menyatakan bahwa PAN menggadang-gadang kader sendiri untuk Pilpres 2019. Pertama adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Selanjutnya ada dua mantan ketua umum PAN, yakni Sutrisno Bachir dan Hatta Rajasa. “Dan keempat Mbah Amien Rais," sebut Amien.

Politikus berjuluk Tokoh Reformasi itu sebenarnya pernah menjadi capres pada Pilpres 2004. Kala itu Amien sebagai ketua MPR sekaligus ketua umum PAN menggandeng Siswono Yudohusodo.

Namun, duet Amien-Siswono langsung tersingkir di putaran pertama Pilpres 2004. Sedangkan pemenang Pilpres 2004 adalah Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla.(jpg/ara/jpnn)


Presiden Jokowi menyebut ketokohan dan kapabilitas Amien Rais tak diragukan lagi. Menurutnya, jika Amien jadi capres maka rakyat punya alternatif pilihan.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News