Reaktor Fukushima Makan Korban

Reaktor Fukushima Makan Korban
Reaktor Fukushima Makan Korban
LEPASAN ion-ion radioaktif dari reaktor Fukushima Daiichi mulai makan korban. Kemarin (24/3), tiga pekerja di PLTN yang dikelola TEPCO itu dilarikan ke rumah sakit. Ketiganya terlalu lama terpapar radiasi tinggi dari reaktor nomor tiga yang masih terus mengepulkan asap. Dua diantaranya terpaksa menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Tiga pekerja yang bertugas meletakkan kabel (listrik) di lantai basement gedung turbin, terpapar radiasi sekitar 170 sampai 180 miliSieverts," terang jubir Badan Keamanan Industri dan Nuklir Jepang (NISA), Fumio Matsuda. Dua dari tiga pekerja yang terpapar radiasi itu sempat tercebur ke dalam kolam tempat menampung sisa bahan bakar nuklir.

Sayangnya, pakaian pelindung yang mereka kenakan tidak mampu benar-benar melindungi tubuh keduanya dari air. Lewat sela-sela pakaian, air kolam masuk ke dalam dan membasahi kaki mereka. "Air yang terkontaminasi zat radioaktif itu meresap ke dalam pakaian mereka dan membuat kaki keduanya cukup lama terpapar radiasi tinggi," lanjut Matsuda.

Tiap tahunnya, para pekerja di reaktor pembangkit listrik tersebut terpapar radiasi sebanyak 100 miliSieverts. Itu menjadi ambang batas terendah yang dianggap aman. Jika angkanya lebih dari itu, paparan radiasi tersebut bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker. Karena itulah, tiga pekerja yang terpapar radiasi lebih dari ambang batas tahunan tersebut harus dilarikan ke rumah sakit.

LEPASAN ion-ion radioaktif dari reaktor Fukushima Daiichi mulai makan korban. Kemarin (24/3), tiga pekerja di PLTN yang dikelola TEPCO itu dilarikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News