Reaktor Nuklir Meledak, IAEA Nilai Masih Aman

Ramai-ramai Eksodus, Beragam Produk pun Di-screening

Reaktor Nuklir Meledak, IAEA Nilai Masih Aman
Reaktor Nuklir Meledak, IAEA Nilai Masih Aman
TOKYO - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah memastikan bahwa ledakan terbaru yang terjadi, tidak sampai merusak kontainer reaktor di Fukushima. Informasi itu disampaikan setelah mereka mendapat penjelasan dari Badan Keamanan Nuklir dan Industri Jepang (NISA) tentang ledakan hidrogen yang terjadi pada reaktor unit 3 di PLTN Fukushima Daiichi.

"Bangunan reaktor memang telah meledak, tetapi bejana penahan utama tidak rusak. Ruang kontrol di reaktor unit 3 masih berfungsi dan beroperasi," kata juru bicara IAEA. Lembaga yang bermarkas di Wina, Austria, itu juga memastikan adanya korban luka dalam insiden tersebut.

Ledakan serupa juga terjadi pada reaktor nomor 1 pada Sabtu lalu (12/3). Hal itu terjadi sehari setelah gempa dan tsunami menerjang Negeri Matahari Terbit tersebut.

Sebelumnya, IAEA mengungkapkan bahwa level radiasi di Fukushima masih normal. "Tingkat radiasi telah diobservasi di empat lokasi di sekitar PLTN dalam kurun waktu 16 jam kemudian atau pada 13 Maret lalu. Semuanya masih normal," tutur IAEA.

TOKYO - Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah memastikan bahwa ledakan terbaru yang terjadi, tidak sampai merusak kontainer reaktor di Fukushima.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News