Reklamasi, Teluk Manado Terancam Rusak

Reklamasi, Teluk Manado Terancam Rusak
Reklamasi, Teluk Manado Terancam Rusak
MANADO - Teluk Manado terancam rusak bila pihak ketiga melakukan reklamasi atas izin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa. Kerusakannya akan berdampak pada ekosistem taman laut Bunaken yang menjadi kebanggaan Sulawesi Utara.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulut, Edo Rachman, mengecam Pemkab Minahasa yang memberi izin reklamasi di taman laut Bunaken. Ia meminta Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut mencegah reklamasi pantai Kalasey yang berada di teluk Manado. “Mungkin Pemkab Minahasa belum paham betul terkait asas ekoregion dan tata ruang provinsi yang masih menunggu persetujuan pemerintah pusat,” katanya.

Menurutnya, tak tertera dalam usulan RTRW provinsi adanya reklamasi di kawasan itu. Edo menjelaskan, Teluk Manado bukan hanya milik Pemkab Minahasa sehingga dengan gampangnya memberikan izin reklamasi. “Harus dikelola dengan menggunakan pendekatan ekoregion sehingga kabupaten/kota lain dan provinsi harus dilibatkan pengelolaannya,” paparnya.

Edo menambahkan, BLH Minahasa harus paham asas ekoregion yang diatur dalam UU 32/2009. Berlangsungnya reklamasi itu, katanya, akan menambah catatan buruk Sulut khususnya dalam penegakan hukum dan undang-undang perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup. “Makin rusaknya Teluk Manado juga akan mempengaruhi produksi ikan sehingga berdampak pada kehidupan nelayan,” jelasnya.

MANADO - Teluk Manado terancam rusak bila pihak ketiga melakukan reklamasi atas izin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa. Kerusakannya akan berdampak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News