Rekomendasi MPR ke KPU, Cakada Harus Punya Visi Misi NKRI

Rekomendasi MPR ke KPU, Cakada Harus Punya Visi Misi NKRI
Gedung parlemen. Foto: JawaPos.com/JPG

jpnn.com, JAKARTA - MPR RI akan merekomendasikan kepada KPU supaya naskah visi misi calon kepala daerah (Cakada) gubernur, bupati dan wali kota di Pilkada Serentak 2020 adalah bagian tak terpisahkan dari visi misi Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Visi misi NKRI itu mengacu pada nilai-nilai Pancasila dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang merupakan satu kesatuan dengan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

“Gubernur, bupati, dan walikota yang akan berkontestasi pada Pilkada Serentak harus memiliki pemahaman visi misi NKRI agar pembangunan lebih terintegrasi dan mengacu pada SPPN dan RPJPN,” kata Ketua MPR Bambang Soesatyo usai Peringatan HUT Ke-75 MPR di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu (29/8).

Peringatan HUT Ke-75 MPR ini menjadi momentum untuk melakukan refleksi dan proyeksi terhadap peran MPR ke depan dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Sebab, lembaga ini telah mengkaji sejumlah itu aktual dan strategis yang ada di tengah masyarakat. Salah satunya mengenai Pemilihan Umum atau Pemilu.

“Badan Pengkajian MPR telah melakukan pembahasan secara mendalam dengan melibatkan berbagai pakar dan akademisi, dan telah menghasilkan rekomendasi tentang Penetapan Visi dan Misi NKRI dalam Pilkada Serentak 2020,” jelas Bamsoet -panggilan ketua MPR.

Mantan ketua DPR itu menjelaskan, penetapan visi misi NKRI bertujuan untuk menjaga kesinambungan dan integrasi pembangunan nasional dan daerah. Serta untuk memberi kejelasan arah bagi perjuangan negara dan rakyat yang sedang membangun,

Dengan begitu, ada rangkaian kontinuitas dalam jangka panjang, dan  secara tujuan negara sebagaimana Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 bisa diwujudkan.

“Insyaallah dalam waktu dekat, MPR akan merekomendasikan kepada KPU agar visi misi calon gubernur, bupati, walikota adalah bagian tak terpisahkan dari Visi Misi NKRI yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila,” tegas Bamsoet.

MPR RI akan beri rekomendasi ke KPU terkait visi misi NKRI bagi calon kepala daerah di Pilkada 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News