Rekomendasi Parpol Dipersoalkan Pengurus Tingkat Provinsi

Rekomendasi Parpol Dipersoalkan Pengurus Tingkat Provinsi
Rekomendasi Parpol Dipersoalkan Pengurus Tingkat Provinsi

jpnn.com - KEBUMEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen masih melakukan verifikasi faktual terhadap berkas pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati. Saat melakukan verifikasi, KPU menemukan surat rekomendasi mencurigakan dari salah satu partai politik pengusung pasangan bakal calon.  

Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Paulus Widyantoro, mengatakan terdapat surat rekomendasi salah satu partai politik pengusung pasangan bakal calon dipersoalkan oleh kepengurusan partai yang sama di tingkat provinsi.

"Dari pengurus partai provinsi mengirimkan surat pemberitahuan ke KPU Kebumen. Dalam surat tersebut menyatakan pengurus provinsi tidak mengetahui keluarnya surat rekomendasi dari DPP untuk mendukung bakal calon tertentu," ungkap Paulus Widyantoro, di Kantor KPU Kebumen, Rabu (12/8).

Menurutnya, KPU langsung menindaklanjutinya dengan melakukan verifikasi langsung DPP bersangkutan. Adapun verifikasi masih terus dilakukan menyusul tahapannya mulai 8-14 Agustus 2015. "Ya, kita langsung lakukan pengecekan ke DPP," ujarnya.

Selain terkait surat rekomendasi partai politik, KPU Kebumen juga melakukan pengecekan langsung terhadap ijazah dari masing-masing bakal calon. Dari hasil verifikasi terhadap ijazah, tidak ditemukan adanya bakal calon yang menggunakan ijazah palsu. "Karena kita cek lembaga yang mengeluarkan ijazah tersebut sudah membenarkannya," tegasnya.  

Paulus berharap tahapan verifikasi faktual dapat diselesaikan sesuai jadwal, sehingga tahapan selanjutnya dapat terus dilanjutkan. Sesuai dengan tahapan, KPU akan menetapkan dan mengumumkan pasangan bakal calon menjadi pasangan calon yang berhak menjadi peserta Pilkada Kebumen, pada 24 Agustus mendatang. Penetapan tersebut akan dilakukan di Kantor KPU Kebumen.

Sehari kemudian, pada 25 Agustus KPU Kebumen akan menggelar pleno terbuka dengan agenda pengundian nomor urut pasangan calon. Pleno ini juga akan dilakukan di Kantor KPU Kebumen. Tak hanya pengundian nomor urut saja, tetapi diteruskan dengan launching nomor urut dari masing-masing pasangan calon.

"Teknisnya nanti, pengambilan nomor urut ditentukan berdasarkan urutan kedatangan paslon. Jadi yang berangkat duluan dia yang mengambil lebih awal, demikian seterusnya," imbuhnya.

KEBUMEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen masih melakukan verifikasi faktual terhadap berkas pendaftaran pasangan bakal calon bupati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News