Rekrutmen CPNS 2009 Diutamakan Guru

Rekrutmen CPNS 2009 Diutamakan Guru
Rekrutmen CPNS 2009 Diutamakan Guru
JAKARTA - Deputi Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Ramli Effendi Naibaho, mengatakan bahwa ada kecenderungan daerah-daerah yang sudah memasukkan data formasi CPNS, jumlah usulannya terlampau gemuk. Sehubungan dengan itu, usulan dari daerah tersebut, kata Ramli, tidak akan seluruhnya dituruti.

Dikatakannya, dalam menetapkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di suatu daerah, Kementerian PAN sudah punya formula khusus untuk menghitungnya. Misalnya untuk formasi guru Taman Kanak-Kanak (TK), tergantung dari jumlah siswanya, yakni dengan rasio satu guru 15 siswa. Sedangkan untuk guru SMP, satu guru 20 siswa.

"Tapi kondisi geografis daerah juga menjadi alat ukur untuk menentukan jumlah formasi," ujar Ramli Naibaho kepada JPNN di Jakarta, Rabu (22/4).

Dia mengatakan, bahwa untuk tahun ini memang prioritas utama adalah formasi guru, disusul berikutnya oleh tenaga medis/paramedis, baru kemudian tenaga-tenaga yang menunjang peningkatan perekonomian daerah setempat. Contohnya, kalau suatu daerah itu potensi perekonomiannya di sektor kehutanan, maka akan direkrut CPNS tenaga penyuluh kehutanan. Bagi daerah yang berbasis ekonomi pertanian, akan direkrut tenaga penyuluh pertanian, dan seterusnya.

JAKARTA - Deputi Menneg Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Ramli Effendi Naibaho, mengatakan bahwa ada kecenderungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News