Rel Ganda Cirebon-Surabaya Selesai 2013

Rel Ganda Cirebon-Surabaya Selesai 2013
Rel Ganda Cirebon-Surabaya Selesai 2013
JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembangunan jalur ganda (double track) rel kereta lintas utara Jawa (Jakarta-Semarang-Surabaya) sejauh 727 km selesai pada 2013. Pembangunan jalur ganda kereta api tersebut diharapkan bisa mengurangi beban jalan yang selama ini rusak akibat angkutan barang menggunakan truk.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan, Ditjen Perkeretaapian saat ini tengah melakukan pengerjaan pembangunan double track dari Cirebon-Brebes sepanjang 62 kilometer. Proyek tersebut diperkirakan menelan dana Rp 450 miliar untuk pengerjaan badan rel. “Pengerjaannya belum menjangkau pada relnya, nanti 2012 mulai pasang rel, sehingga pada 2013 ditargetkan selesai,dan pada 2014 diharapkan sudah bisa beroperasi” ujarnya.

Wamenhub menambahkan, untuk menyelesaikan proyek pengerjaan pembangunan double track mulai dari Cirebon hingga Surabaya, dibutuhkan dana sekitar Rp 9 triliun melalui beberapa tahap yaitu mulai dari jalur Cirebon-Brebes, Pekalongan-Semarang dan Semarang Surabaya. "Pembangunan tersebut harus selesai pada 2013 sehingga dapat beroperasi pada 2014," cetusnya.

Untuk Jalur tegal Pekalongan akan dibangun rel sepanjang 66 kilometer, sepanjang 33 kilometernya yaitu antara Petarukan-Larangan telah selesai dibangun double track dan mulai beroperasi 2012.Wamenhub mengungkapkan, pembangunan double track di lintas utara ini terkendala oleh masalah pembebasan lahan. "Padahal lahan merupakan hal yang penting untuk menyelesaikan semua double track yang ada,“ tuturnya.

JAKARTA - Pemerintah menargetkan pembangunan jalur ganda (double track) rel kereta lintas utara Jawa (Jakarta-Semarang-Surabaya) sejauh 727 km selesai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News